10 Pemain Basket Legendaris Di Dunia

Pemain basket legendaris dunia yang benar-benar legendaris memang tidak banyak. Sebab pemain legendaris tidak hanya hebat, melainkan juga berprestasi. Sehingga sosoknya diakui sebagai ikon bola basket se-dunia. Karir gemilang dan prestasi mentereng mereka selama membela timnya akan selalu dikenang sampai kapan pun.
Menurut sejarah, setidaknya ada 10 pemain basket legendaris dunia yang diakui sampai saat ini. Salah satunya adalah pemain basket legendaris Indonesia, ya, Indonesia! Siapa sajakah mereka? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

10 PEMAIN BASKET LEGENDARIS DUNIA

1. MICHAEL JORDAN

10 Pemain Basket Legendaris Dunia - Michael Jordan
Michael Jordan. (nba.com)
Michael Jordan adalah sosok yang ikonik dan legendaris di dunia basket. Sehingga bila berbicara tentang basket, maka orang akan langsung menyebut namanya. Jordan semasa bermain di NBA, termasuk pemain yang sangat luar biasa. Kemampuannya di atas rata-rata pemain basket lainnya.
Jadi tidak heran jika Chicago Bulls dibawanya menjadi tim papan atas dan telah 6 kali dibawanya menyabet juara NBA. Secara pribadi, Michael Jordan telah mengantongi gelar MVP sebanyak 5 kali sepanjang karirnya. Salah satu ciri yang paling khas dari Jordan adalah Dunk-dunk magisnya.

2. KAREEM ABDUL JABBAR

10 Pemain Basket Legendaris Dunia - Kareem Abdul Jabbar
Kareem Abdul Jabbar. (nba.com)
Sama seperti Jordan, Kareem Abdul Jabbar adalah pemain basket NBA yang sangat melegenda. Karir cemerlangnya di LA Lakers membuat klub asal Los Angeles ini merasakan 6 kali juara NBA di era 80-an. Dirinya sendiri juga merupakan pengkoleksi gelar MVP sebanyak 6 kali.
Bahkan tidak sampai di situ saja, dia menjadi satu-satunya pemain pencetak skor tertinggi dalam sejarah NBA, yakni 38.387 poin. Kareem sangat terkenal dengan Sky Hook shotnya yang mustahil untuk dibendung. Fakta menarik lainnya adalah, sang legenda basket dunia ini pernah beradu akting dengan legenda seni bela diri Bruce Lee dalam film “Game of Death”.

3. ERVIN “MAGIC” JOHNSON

10 Pemain Basket Legendaris Dunia -Magic Johnson
Magic Johnson. (nba.com)
Magic Johnson adalah rekan se-tim dari Kareem Abdul Jabbar selama di LA Lakers. Dia sama berjasanya dengan Karem dalam mengantaran LA Lakers jawara NBA sebanyak kali. Magic Johnson tergolong tipe pemain serba bisa multi posisi, sehingga dia sangat baik bahkan jika ditempatkan sebagai posisi dan strategi apa pun.
Namun tipe sejati dari Magic Johnson adalah point guard. Ketepatannya melihat peluang dan visi bermainnya sangat luas, seperti memiliki mata elang. Itu sebabnya dia dijuluki “Magic”, memang sudah sepantasnya. Magic Johnson tercatat sudah mengoleksi gelar MVP sebanyak 5 kali sepanjang karirnya di basket.

4. WILT CHAMBERLAIN

10 Pemain Basket Legendaris Dunia - Wilt Chamberlain
Wilt Chamberlain. (nba.com)
Wilt Chamberlain mungkin saja tidak setenar beberapa nama di atas tadi. Secara popularitas memang iya, tetapi secara prestasi tentu tidak. Bagaimana mungki dia disebut legenda jika tanpa rekam jejak yang mentereng. Wilt Chamberlain adalah pemain basket dengan catatan rekor fantastis.
Wilt menasbihkan dirinya sebagai pemain NBA yang mencetak 100 poin individual dalam satu laga. Pernah juga dia mencatatkan diri sebagai pemain yang berhasil mencetak 4000 poin dalam satu musim dan 31.000 poin sepanjang karirnya. Wilt Chamberlain juga dikenal sebagai raja Rebound, dengan rekor 50 rebound dalam satu laga dan 24.000 rebound sepanjang karir basketnya.

5. BILL RUSSELL

10 Pemain Basket Legendaris Dunia - Bill Russell
Bill Russell. (nba.com)
Bill Russel termasuk pemain basket yang tergolong fenomenal di NBA. Bill mencatatkan rekor jawara NBA sebanyak 11 kali bersama Milwalkee Bucks. Sungguh jumlah yang fantastis, mengingat dia memenangkan 11 kali jawara selama 13 tahun karir basketnya. Tidak banyak pemain fenomenal seperti ini di dunia basket.
Bill Russell mempunyai skill luar biasa sebagai guard dan melakukan defense. Meski begitu dia juga ikut membantu serangan tim, bahkan Bill sempat menorehkan rekor 21.000 poin dan 50 rebound sepanjang karirnya di NBA.

6. JULIUS ERVING

10 Pemain Basket Legendaris Dunia - Julius Erving
Julius Erving. (nba.com)
Julius Erving merupakan sosok yang sangat dihormati di NBA dan sekaligus menjadi pemain basket legendaris dunia. Pebasket yang akrab disapa Dr. J ini terkenal dengan permainan dinamis yang fairplay. Bahan karena fairplay-nya itulah dia sangat dihormati baik oleh kawan maupun lawan.
Prestasi mentereng Dr. J adalah 5 kali juara NBA bersama New Jersey Nets. Sedangkan torehan pribadinya adalah 4 kali MVP sepanjang karir basket yang dilakoninya. Bahkan dirinya juga mencatatkan rekor 30.026 poin selama berkarir.

7. OSCAR ROBERTSON

10 Pemain Basket Legendaris Dunia - Oscar Robertson
Oscar Robertson. (nba.com)
Oscar Robertson atau yang biasa dipanggil The Big O merupakan pemain NBA dengan prestasi yang cukup gemilang. Bersama timnya Milwalkee Bucks, dia berhasil meraih satu gelar juara NBA. Sedangkan karir individualnya mencatatkan Oscar Robertson sebagai pengkoleksi 1 kali MVP NBA dan 3 kali MVP All-Star Game.
Oscar sangat mahir bermain di posisi Shooting Guard dan juga Point Guard. Dari situlah dia menghasilkan 26.710 poin, 9.880 assists dan 7.804 rebound sepanjang 14 tahun karir basketnya. Bahkan The Big O termasuk 3 rookie terbaik NBA sepanjang masa dengan catatan 30,5 poin per game.

8. LARRY BIRD

10 Pemain Basket Legendaris Dunia - Larry Bird
Larry Bird. (nba.com)
Larry Bird sejatinya adalah pemain dengan kemampuan yang sama dengan sang legenda basket Michael Jordan. Sama-sama bermain di era yang hampir sama, Larry berhasil membawa Boston Celtics menyabet gelar juara NBA sebanyak 3 kali di era 80-an. Serta secara individu, dia pernah sekali mencicipi gelar MVP seanjang karirnya di NBA.
Larry juga merupakan Small Forward dan Power Forward yang sangat berbakat. Bahkan karena skillnya tersebut, nama Larry Bird masuk dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame. Dia tercatat sebagai salah satu pemain NBA All-Time pada ulang tahun NBA ke 50.

9. SHAQUILLE O’NEAL

10 Pemain Basket Legendaris Dunia - Shaquille O'neal
Shaquille O’neal. (nba.com)
Shaq adalah raksasa dalam dunia basket, baik secara fisik maupun secara skill. Tinggi tubuhnya yang mencapai 7,1 kaki dan berat 300 pound membuat Shaq sering dijuluki sebagai monster di NBA. Namun yang paling fenomenal adalah catatan prestasinya, yakni 4 gelar juara NBA dan beberapa pemecahan rekor secara individual.
Meski begitu, Shaq adalah pemain NBA dengan free-throw terburuk. Dia bahkan mengoleksi 5000 kegagalan dalam tembakan bebas. Satu-satunya skill terhebatnya adalah Monster Dunk. Pemain yang berposisi sebagai center ini juga termasuk dalam jajaran raja rebound teratas di NBA.

10. LIEM TJIEN SIONG / SONNY HENDRAWAN

10 Pemain Basket Legendaris Dunia - Liem Tjien Siong / Sonny Hendrawan
Sonny Hendrawan. (kliping.co)
Liem Tjien Siong atau yang dikenal dengan nama Sonny Hendrawan adalah pebasket legendaris Indonesia. Namanya mulai muncul ketika era 1967 pada Kejuaraan Bola Basket Asia ke IV di Seoul, Korea Selatan. Saat itu dia bermain dengan bagus dan mengantarkan Indonesia menyabet juara 4, hanya terpaut beberapa poin dari Filipna, Korea Selatan dan Jepang.
Bahkan secara individu, Sonny Hendrawan juga dinobatkan sebagai MVP di kejuaraan tersebut. Sonny Hendrawan dijuluki sebagai “The Slick Shot” adalah satu-satunya pemain basket Indonesia yang layak diberi label pemain basket legendaris dunia dari Indonesia. Sebab sampai sejauh ini, belum ada pemain basket Indonesia yang berhasil sampai seperti itu. Semoga kedepannya banyak atlit basket yang mengikuti jejak Liem Tjien Siong.
Nah, itulah tadi daftar 10 pemain basket legendaris dunia yang mempunyai prestasi dan raihan gelar yang sangat mentereng. Semoga bisa menjadikan motivasi dan penyemangat untuk terus berlatih dan bermain basket dengan serius. Siapa tahu kamu nanti bisa meneruskan prestasi Liem Tjien Siong atau bahkan melebihinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nilai Pancasila Dalam Olahraga Bulutangkis

42 Permainan Tradisional Sunda Jawa Barat